spesifikasi yamaha aerox 125 LC
Spesifikasi dan Harga Yamaha Aerox 125 LC
spesifikasi yamaha aerox 125 LC |
Nama skuter bergenre sport matic Aerox jika ditilik dari sejarahnya memang sudah cukup lama malang melintang di kancah industri kendaraan roda dua benua Eropa. Hal yang paling istimewa dari Yamaha Aerox 125 LC tentu saja fakta bahwa skutik yang lahir di Indonesia ini merupakan versi tertinggi dari Yamaha Aerox. Yamaha sendiri selain terinspirasi dari line-up motor sport, juga menyebut Aerox 125LC ini merupakan hasil ‘kawin silang’ antara Yamaha GT 125 Eagle Eye dengan Yamaha X-Ride. Hal ini bisa dilihat dari desain Yamaha Aerox 125 LC yang memiliki ground clearence tinggi layaknya X-Ride, berpadu dengan desain body futuristik berkaraketer tajam khas GT 125 Eagle Eye. Meski Aerox bukanlah model skutik berteknologi Blue Core, namun Yamaha menjanjikan bahwa performanya tak kalah dengan model skutik lain yang sudah mengusung teknologi khas Yamaha tersebut. Kali ini Yamaha menggendong mesin 4-stroke SOHC dengan kapasitas isi silinder 125cc. Jika dilihat dari kapasitas mesinnya, maka Yamaha Aerox 125LC akan berdiri sejajar dengan Mio M3, GT 125, ataupun Xeon 125. Namun yang membedakan adalah, Aerox 125LC ini sudah menggunakan mesin berpendingin cairan alias liquid cooled. Kemudian, soal performa mesin pun Yamaha Aerox 125 LC termasuk yang paling ‘gahar’ di kelasnya. Hal ini karena Aerox memiliki perbandingan kompresi mesin 10,9:1, lebih besar dari New Fino 125 Blue Core. Mesin SOHC 125cc yang tertanam pada skutik terbaru Yamaha ini pun mampu memuntahkan tenaga maksimal mencapai 8,4 kW pada putaran mesin 9.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 10,4 Nm pada 6.500 rpm. Dengan tenaga yang lumayan besar tersebut, pastinya membuat Yamaha Aerox 125 LC bisa diajak berpacu dan bermanuver secara mantap. Apalagi, Yamaha pun juga menyematkan segudang fitur lengkap pada skuter matik terbarunya ini. Bagaimana, keren kan? Nah untuk lebih jelasnya,
Spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC
spesifikasi yamaha aerox 125 LC |
Skuter Matik Bergaya Sporty dengan Desain Aerodinamis ala Motor Balap
Untuk segmen pertama ini, pertama kali YAMAHA YOGYAKARTA akan mengajak Bro dan Sis untuk membedah desain eksterior dari spesifikasi Yamaha Aerox 125LC ini. Jika dilihat secara mendetail pada bagian desain eksteriornya, nuansa sporty khas motor balap Yamaha bakal Bro dan Sis temukan pada Aerox. Seperti yang sudah YAMAHA YOGYAKARTA sempat sampaikan tadi, bahwa Aerox ini bisa dibilang memiliki desain body ‘mix and match’ antara Yamaha GT 125 Eagle Eye dan Yamaha X-Ride. Dari fascia depan, nampak Yamaha Aerox 125LC memiliki karakter lampu utama tajam nan futuristik, khas GT 125. Garis desain headlamp Aerox memiliki konsep runcing dengan paduan lampu berjenis LED. Nuansa desain depan Aerox benar-benar kental bernuansa racing. Apalagi cover dashboard yang dibuat berbentuk segitiga terbalik semakin menambah kesan sporty pada Yamaha Aerox 125 LC ini. Bergerak ke bagian sayapnya, Aerox 125LC juga terlihat nampak begitu futuristik dengan dimensi lebar dan terdapat lubang ventilasi udara serta winglet layaknya motor balap MotoGP. Untuk body sampingnya, didesain dengan lebih runcing dan tajam. Begitu pula pada sektor buritan Yamaha Aerox 125 LC yang sangat kentara sekali aura Yamaha V-Ixion Advance dengan model stoplamp dan handle bar belakang yang tersembunyi di balik jook. Untuk bagian jok, Aerox 125LC juga menawarkan nuansa racing dengan adanya pembatas posisi duduk layaknya motor balap. Namun meski begitu, desain jok ini tetap mengutamakan kenyaman pengendara. Terakhir untuk bagian muffler atau knalpot, Yamaha Aerox 125LC mempertahankan desain pipa pembuangan gas milik Xeon RC dan GT 125 dengan laburan cat hitam. Konsep ini tak pelak semakin menambah karakter agresif pada Aerox. So, bila melihat garis desain yang ditawarkan spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC kali ini, menurut YAMAHA YOGYAKARTA sudah berhasil tampil dengan cukup baik dan sanggup mewakili aura motor balap yang aerodinamis, fungsional, dan pastinya antimainstream.
Dashboard Futuristik Bernuansa Racing Lengkap dengan Panel Fungsional
Selanjutnya, setelah puas dengan spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC pada bagian desain body, YAMAHA YOGYAKARTA akan mengajak Bro dan Sis untuk menilik salah satu bagian yang terlihat mencolok pada Aerox 125LC ini, yakni di sektor konsol meter alias panel dasboard. Pada bagian yang satu ini, nampaknya Yamaha Aerox 125 LC mengambil konsep dasboard pada Yamaha X-Ride yang memiliki kesan ‘adventure’ berupa handle bar atau setang bergaya naked bike yang berukuran cukup panjang. Selain itu, setang ‘telanjang’ pada Yamaha Aerox 125 LC ini pun juga mirip pada X-Ride. Hal ini pasti menambah kesan maskulin pada skutik yang satu ini. Kemudian, pada konsol meter didesain dengan model membulat, terinspirasi jam digital. Konsol meter pada Yamaha Aerox 125LC diracik tanpa cover, menyerupai sepeda motor naked bike. Pada dashboard ini terdapat beberapa panel instrumen yang tersedia lengkap dan juga informatif, seperti speedometer, odometer, indikator mesin, high beam, flasher, water temperature dan juga indikator bahan bakar yang semuanya disajikan dalam tampilan desain yang futuristik. Semua panel pada dashboard Yamaha Aerox 125 LC pun juga tampak didesain secara harmonis, sehingga mudah terpantau. Sementara itu, demi menjaga estetika, pada frame konsol meter dilabur dengan cat warna hitam dikombinasikan warna kuning pada papan indikator yang membuatnya terlihat lebih mewah dan berkelas. So, spesifikasi Yamaha Aerox 125LC di bagian panel dashboard ini benar-benar terasa nuansa modernnya.
spesifikasi yamaha aerox 125 LC |
Dimensi Pas Cocok untuk Karakter Jalan yang Mulus Maupun Bergelombang
Sebagai motor yang berjenis skuter matik, faktor kenyamanan merupakan prioritas yang dicari oleh kebanyakan pengguna. Hal ini pulalah yang masih tetap dipertahankan YIMM melalui spesifikasi Yamaha Aerox 125LC ini. Kendati motor ini terlihat cukup sporty dan berdesain agresif, namun untuk kenyamanan masih diutamakan. Terbukti dengan dimensi yang dibawanya, dimana Aerox 125LC memiliki ukuran tubuh cukup kompak dan ramping yakni berkisar 1857 x 742 x 1070 mm. Bobot Yamaha Aerox 125 LC sendiri juga cukup ringan di kelasnya, yakni seberat 102 kg saja. Sementara motor ini juga memiliki ground clearance lumayan tinggi, meskipun tidak setinggi X-Ride, yakni 135 mm. Jadi, jika melihat dimensi yang dibawanya, Yamaha Aerox 125 LC ini masih sangat nikmat untuk diajak bermanuver di jalanan yang mulus ataupun medan bergelombang. Selain itu, Aerox juga tetap asyik saat diajak menembus jalanan kota yang ramai. Apalagi, jika Bro dan Sis menginginkan sensasi riding berbeda, Yamaha Aerox 125LC menawarkan footpeg khusus di bagian dek tengah. Sehingga dengan adanya piranti ini, Bro dan Sis bisa merasakan ergonomic riding ala motor sport yang nyaman. Kesimpulannya, meskipun berdesain sporty, namun kenyataannya spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC memiliki dimensi fisik yang ergonomis, nyaman, dan cocok untuk berkendara jarak dekat maupun jarak jauh.
Suspensi Kokoh Didukung Ban Tapak Lebar Hadirkan Manuver Berkendara Sempurna
Desain body sporty yang dimiliki oleh spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC tidak lepas dari dukungan suspensi dan juga spesifikasi kaki-kaki yang turut menunjang penampilannya. Sama seperti varian skuter matik pada umumnya, Aerox 125LC juga masih menawarkan kemudahan berkendara pada penggunanya, selain tentunya performa yang mengedepankan kepraktisan. Untuk menunjang hal tersebut, YIMM menyematkan dukungan suspensi berkualitas khas motor matik Yamaha pada generasi Yamaha Aerox 125 LC ini. Skuter matik bernuansa balap ini membawa rangka jenis underbone yang terkenal kokoh dan kuat dalam menahan beban. Kemudian guna memberikan kenyamanan bagi pengendara serta pembonceng, Yamaha Aerox 125LC juga dibekali dengan sistem supsensi depan berjenis teleskopik, dan suspensi belakang berjenis lengan ayun. Kedua suspensi ini diklaim sudah memiliki tingkat daya redam cukup baik untuk motor bersegmen skuter matik. Sementara demi mengimbangi desain dan performa mesin, kali ini Yamaha Aerox 125 LC mengusung piranti kaki-kaki berupa ukuran ban lebih gambot. Hal ini tentunya untuk menjaga stabilitas berkendara dengan ban depan berukuran 70/90-14 dan ban belakang berukuran 70/100-14. Kedua ban tersebut membalut velg racing berdiameter 14 inci. Sedikit tambahan informasi, yang membuat tampilan Yamaha Aerox 125 LC lebih gagah di bagian kaki-kakinya adalah kehadiran Front Fender dan Fork Protection layaknya motor sport, yang cukup menunjang tampilannya di bagian kaki. Terakhir untuk pengereman, spesifikasi Yamaha Aerox 125LC mengandalkan rem cakram di bagian depan dan drum brake di bagian belakang yang sudah cukup mumpuni untuk mengontrol laju kendaraan.
spesifikasi yamaha aerox 125 LC |
Mesin SOHC 125cc Berpendingin Cairan Hasilkan Performa Bertenaga
Mewakili genetik balap ala motor MotoGP, maka spesifikasi Yamaha Aerox 125LC pun pastinya mengusung mesin dengan teknologi terbaik guna menghasilkan performa bertenaga. Digadang-gadang akan dijejali mesin berteknologi Blue Core, ternyata Aerox 125LC justru masih membawa platform mesin yang sama dengan Yamaha Xeon 125 atau GT 125 Eagle Eye. Benar sekali, kali ini Yamaha Aerox 125 LC hadir dengan mesin bertipe empat langkah jenis SOHC silinder tunggal. Meski belum mengadaptasi mesin berteknologi Blue Core, namun Yamaha Aerox 125 LC justru sudah menggunakan pendingin cairan atau liquid cooled. Hal ini tentu akan membuat suhu mesin pada Aerox menjadi lebih terjaga. Aerox pun menjadi skutik pertama produksi YIMM yang menggunakan mesin berpendingin cairan. Lalu, mesin pada Yamaha Aerox 125LC pun diklaim sanggup menghasilkan power maksimum sampai 8,4 kw pada putaran 9.000 rpm, dengan torsi puncak sampai 10,4 Nm pada putaran 6.500 rpm. Jika ditilik dari kalkulasi performa mesinnya, Aerox 125LC merupakan skutik dengan tenaga paling powerful di kelasnya. Mesin pada Yamaha Aerox 125 LC sendiri memang memiliki karakteristik berbeda dengan mesin Blue Core, dimana mesin Blue Core memiliki keseimbangan dari segi performa dan konsumsi bahan bakar. Sementara mesin pada Aerox 125LC justru memiliki optimalisasi pada sektor performa yang lebih beringas. Hal tersebut menurut YIMM karena Yamaha Aerox 125LC untuk kali ini lebih fokus pada segmen pria yang menyukai motor berperforma maksimal. Namun untuk mesinnya sendiri, menurut YAMAHA YOGYAKARTA juga tidak terlalu boros bahan bakar karena sudah mengusung sistem suplai bahan bakar Fuel Injection. Sementara layaknya motor generasi baru lainnya, spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC untuk komponen mesinnya juga telah mengadopsi teknologi mutakhir, berupa Forged Piston dan juga DiASil Cylinder yang akan mereduksi gesekan antar komponen pada ruang mesin.
Fitur Pendukung Lengkap Khas Skuter Matik Masa Kini
spesifikasi yamaha aerox 125 LC |
Tibalah pembahasan YAMAHA YOGYAKARTA untuk spesifikasi Yamaha Aerox 125LC di bagian terakhir, yakni fitur penunjang. Nah kali ini, layaknya motor skutk lainnya, Aerox 125LC juga menawarkan nilai lebih lewat fitur penunjang yang dimilikinya. Pada motor bergaya sport-matic yang satu ini, Bro dan Sis tetap bisa menjumpai segudang fitur berkelas layaknya motor premium. Untuk fitur kenyamanannya, jok pada Yamaha Aerox 125 LC pun dibuat bertingkat, serta ada benjolan pada bagian penumpang atau pemboncengnya. Desain jok khas motor sport ini berfungsi untuk menahan tubuh pembonceng agar tidak merosot ke depan. Kemudian ada pula bagasi luas yang bisa digunakan untuk menyimpan helm half face. Lantas demi menunjang kenyamanan berkendara, Yamaha Aerox 125LC juga menawarkan tiga position riding yang bisa dipilih oleh pengguna, yakni Racing Style untuk berkendara model balap, Top Performance untuk model berkendara performa maksimal, dan Agile Manuver untuk manuver lebih lincah. Sementara untuk fitur keamanan, spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC juga sudah dibekali dengan ragam fitur modern dan fungsional, seperti smart side stand switch dan juga smart key shutter.
Yamaha Aerox 125 LC
|
|
Mesin | |
Tipe | 4-stroke, SOHC, Single cylinder, liquid cooled |
Kapasitas Isi Silinder | 125 cc |
Diameter x Langkah | 52,4 x 57,9 mm |
Perbandingan Kompresi | 10,9:1 |
Daya Maksimum | 8,4 kW/9000 rpm |
Torsi Maksimum | 10,4 Nm/6500 rpm |
Kapasitas Oli Mesin | Total = 0,90 L ; Berkala = 0,80 L |
Sistem Pelumasan | Basah |
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection |
Tipe Kopling | Kering, sentrifugal |
Tipe Transmisi | CVT V-belt automatic |
Tipe Starter | Elektrik & kick starter |
Dimensi | |
P x L x T | 1857 x 742 x 1070 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1265 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | 135 mm |
Berat Isi | 102 kg |
Kapasitas Tangki BBM | 3,8 L |
Rangka | |
Tipe | Underbone |
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik |
Tipe Suspensi Belakang | Unit swing |
Ban Depan | 70/90-14M/C 34P |
Ban Belakang | 70/100-14M/C 40P |
Rem Depan | Disc brake, cakram hidrolik, dengan piston tunggal |
Rem Belakang | Drum brake |
Kelistrikan | |
Tipe Baterai | Yuasa YTZ5S |
Busi | NGK CR7E |
Pengapian | TCI |
0 komentar:
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.